Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Motivasi Syarat Mutlak Belajar- Oleh Ahmad Nur Yasin

Motivasi Syarat Mutlak Belajar

Jakarta, 12 Agustus 2018, - Dalam proses pembelajaran sering terdengar istilah Motivasi. Motivasi adalah suatu tindakan dorongan yang berasal dari dalam maupun luar jiwa seseorang untuk memuaskan kebutuhan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bisa saja datangnya motivasi dari diri seseorang misalnya keinginan untuk menjadi siswa yang berprestasi maka ia dengan sendirinya giat untuk belajar. juga bersal dari luar, misalkan datangnya dari teman; teman memberi motivasi agar ia menjadi semangat belajar dengan nasehat/saran itulah bisa saja membangun rasa ingin untuk mencapai apa yang diinginkan.

Motivasi merupakan syarat mutlak dalam proses belajar. Di sekolah adanya sering siswa yang malas, galau, gelisah, suka bolos, dan lain-lain. oleh karena itu, guru pentingnya untuk memberi motivasi kepada siswa agar bisa memecahkan masalah yang terjadi agar pembelajaran bisa berjalan dengan lancar. Permasalahan yang timbul di sekolah ada beberapa anak yang mendapat nilai yang belum mencapai KKM, problem ini bisa saja salah guru ataupun salah siswa. Kurangnya motivasi dari seseorang guru bisa menyebabkan siswa malas belajar dan bisa mengakibatkan siswa tidak suka dengan pelajaran tersebut sehingga nilaipun akan berpengaruh. Atau salah siswa, guru sudah banyak memberikan motivasi namun karena kemalasannya dan tidak mau menerima motivasi dari guru sehingga akan juga berpengaruh pada nilainya. 

Secara umum tujuan Motivasi adalah untuk menggerakan, membangkitkan, dan mendrong seseorang agar timbul keinnginan dan kemauan untuk melakukan tindakan mencapai tujuan yang diharapkan dan diinginkan.  Bagi guru, tujuan memberikan motivasi diantaranya untuk mendorong siswanya agar timbul rasa semangat dan keinginan untuk mencapai prestasi belajarnya sehingga tercapai tugasnya dan bisa mencapai nilai yang diharapkan sesuai dengan kkm nya. Tidak hanya itu, motivasi seorang guru yang terpenting adalah bagaimana dalam proses pembelajaran tersebut siswa menyukai dengan mata pelajaran tersebut, kalau sudah menyukai apapun tugas dari guru mereka akan menerimanya.

Post a Comment for "Motivasi Syarat Mutlak Belajar- Oleh Ahmad Nur Yasin"

close