Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Syarat-syarat sah puasa


Setelah Ananda mengerjakan tugas, Yuk kita baca tulisan dibawah ini!

Sebelum anada melaksanakan ibadah puasa seharusnya mengerti 
Syarat-syarat sah puasa, baik puasa fardhu atau sunah, ada 4 (empat), yaitu; 1. Islam pada saat itu. Oleh karena itu, puasa tidak sah dari kafir asli dan murtad. 

2. Berakal; maksudnya tamyiz. Oleh karena itu, dikecualikan yaitu orang gila, anak kecil, dan lain-lain, karena mereka tidak memiliki tamyiz. Yang dimaksud dengan tamyiz disini bukan tamyiz tabiat karena jika tamyiz tabiat yang dimaksud disini maka anak kecil tidak dapat dikecualikan dengannya. 

3. Suci dari haid, nifas, dan melahirkan meskipun darah kempal atau daging kempal meski tidak terlihat adanya darah. Diharamkan atas perempuan haid dan nifas menahan diri dari tidak makan atau minum dengan berniat puasa, jika ia menahan diri tanpa disertai berniat puasa maka ia tidak wajib melakukan perkara yang dapat membatalkan puasa. Sama halnya pada saat hari raya, artinya, jika seseorang menahan diri dari makan dan minum tetapi ia tidak meniatkan puasa maka tidak wajib atasnya melakukan perkara yang dapat membatalkan puasa itu. Ketahuilah sesungguhnya 3 (tiga) syarat di atas harus ada di seluruh siang hari bulan Ramadhan sehingga apabila seseorang berpuasa, lalu murtad atau sifat tamyiznya hilang sebab gila, atau mengalami haid, selama sebentar saja di waktu siang puasa maka puasanya menjadi batal. 

4. Mengetahui atau menyangka (dzon) bahwa waktu yang dipuasai memang menerima untuk dipuasai. Oleh karena itu, puasa tidak sah bagi orang yang tidak mengetahui atau menyangka demikian itu. Waktu yang tidak dapat menerima dipuasai adalah dua hari raya dan hari-hari tasyrik, yaitu tiga hari setelah hari raya Idul Adha.


Jika Ananda sudah tau komen dibawah ini ya? Selamat menunaikan ibadah puasa 

Post a Comment for "Syarat-syarat sah puasa"

close