KI-KD PA Islam Kelas 6
Assalamualaikum. Wr. Wb
Disini kami akan membagikan KI-KD PA Islam Kelas 6 tentunya untuk menjadi acuan dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
SALINAN LAMPIRAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 37 TAHUN 2018
TENTANG
PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KELAS: VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
||
1. menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya |
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air |
||
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
||
1.1 |
terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil |
2.1 |
menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 |
1.2 |
meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal |
2.2 |
menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al- Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi |
1.3 |
meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman |
2.3 |
menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir |
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar |
2.4 menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar |
||
1.5 |
meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman |
2.5 |
menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
1.6 |
meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman |
2.6 |
menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama |
1.7 |
menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam |
2.7 |
menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
1.8 |
meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s. |
2.8 |
menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yunus a.s. |
1.9 |
meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s. |
2.9 |
menunjukkan sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Zakariya a.s. |
1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi Yahya a.s. |
2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s. |
||
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s. |
2.11 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Isa a.s. |
||
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw |
2.12 menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw |
||
1.13 meyakini kebenaran kisah sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw |
2.13 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
||
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
2.14 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
||
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
||
3. memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4. menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
||
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
||
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar |
membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al- Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al- Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 dengan benar menunjukkan hafalan Q.S. Al- Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar |
||
3.2 memahami makna al-Asmau al- Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al- Muqaddim, dan Al-Baqi |
4.2 membaca al-Asmau al-Husna: As- Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar |
||
3.3 memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
4.3 menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
||
3.4 |
memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
4.4 |
menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
3.5 |
memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
4.5 |
mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
3.6 |
memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al- Kafirun |
4.6 |
menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al- Kafirun |
3.7 |
memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
4.7 |
menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
3.8 |
memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
4.8 |
menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
3.9 |
memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
4.9 |
menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
4.10 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
||
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
||
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw. |
4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
||
3.13 memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
4.13 menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
||
3.14 memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
4.14 menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
Post a Comment for "KI-KD PA Islam Kelas 6"