Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Aku Cinta Al-Qur’an

 

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Aku Cinta Al-Qur’an

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Terbiasa membaca al-Qur’an.

Ø  Terbiasa membaca basmalah setiap memulai beraktivitas

Ø  Menunjukkan sikap kasih sayang .

Ø  Menunjukkan sikap peduli.

Ø  Menunjukkan perilaku percaya diri.

Ø  Melafalkan basmalah

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Baca Basmalah dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  materi Baca Basmalah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan  Baca Basmalah

Ø  Guru memberikan contoh bacaan basmalah yang benar.

Ø  Peserta didik menirukan bacaan basmalah bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.

Ø  Guru meminta peserta didik mengamati gambar membaca doa sebelum makan bersama keluarga.

                   

Ø  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.

Ø  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Baca Basmalah

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Baca Basmalah

Ø  Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’

Ø  Pada kolom  “ayo kerjakan”, peserta didik secara bergantian maju ke depan kelas (3-5 peserta didik).

                  

Communication (Komunikasi

Download RPP

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang   Baca Basmalah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Baca Basmalah

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Baca Basmalah

 

 

Proyek

:

 

Mengetahui

...,  Juli  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Aku Cinta Al-Qur’an"

close