Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Ayo Belajar kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

 


 

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Ayo Belajar kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.

Ø  Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

Ø  Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

Ø  Menceritakan sikap terpuji Nabi Nabi Idris a.s.

Ø  Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Idris a.s.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Semangat Belajar Nabi Idris a.s dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  materi Semangat Belajar Nabi Idris a.s melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan  Semangat Belajar Nabi Idris a.s

Ø  Peserta  didik mengamati gambar anak sedang belajar alu menceritakan isi gambar.

                

Ø  Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Nabi Adam a.s.

Ø  Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.

Ø  peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh

pemahaman yang benar.

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Semangat Belajar Nabi Idris a.s Misalnya

1.        Sebutkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.

2.        Nabi Idris a.s. sejak kecil rajin....

3.        Nabi Idris a.s. Nabi yang pandai karena....

4.        Rajin belajar adalah anjuran dalam....

5.        Coba ceritakan kisah teladan Nabi Idris a.s.

Collaboration (Kerja Sama)

Download RPP

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Semangat Belajar Nabi Idris a.s

Ø  Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang   Semangat Belajar Nabi Idris a.s dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Semangat Belajar Nabi Idris a.s

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Semangat Belajar Nabi Idris a.s

 

 

Proyek

:

 

 

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 


Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Ayo Belajar kisah keteladanan Nabi Idris a.s."

close