Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Perilaku Terpuji

 

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Perilaku Terpuji

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Mencontohkan sikap yang baik ketika berbicara dengan benar;

Ø Menunjukkan sikap yang baik ketika berbicara dengan benar.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Berkata yang Baik dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  Berkata yang Baik melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Ø  Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan    Berkata yang Baik

Ø  Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang sikap memperkenalkan diri dalam buku teks.

           

Ø  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.

Ø  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan

peserta didik tentang isi gambar tersebut, lalu mencontohkan cara memperkenalkan diri yang baik.

Ø  Guru meminta peserta didik mengenalkan diri kepada temannya.

Ø  Satu peserta didik diminta ke depan kelas dan memperkenalkan diri.

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang  Berkata yang Baik Misalnya

Mencontohkan minta izin ke luar kelas dengan santun

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Salat Wajib

Ø    Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (Pada kolom “insya Allah aku bisa”).        

Ø  peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar, selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut. (kolom  “ayo kerjakan”).

  

    

Communication (Komunikasi)

Download RPP

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang    Berkata yang Baik dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Berkata yang Baik

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan tentang Berkata yang Baik

 

 

Proyek

:

 

 

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Perilaku Terpuji"

close