Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Ayo Kita (Bacaan salat)

 

 

 

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Ayo Kita  (Bacaan salat)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SDN

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Materi Pokok                           : Ayo Kita Shalat

Sub Materi                               : Bacaan salat

Kelas/Semester                      : II/Genap

Alokasi Waktu                         : 4 X 35 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menunjukkan perilaku kasih sayang.

Ø Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Bacaan salat. dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  Bacaan salat.melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan        Bacaan salat

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang  Bacaan salat., Misalnya

1.        Susunlah secara berurutan bacaan salat berikut ini! niat–takbiratul ihram–iftitah–surat al-Fatihah–surat atau ayat Al-Qur’an–rukuk–i’tidal–sujud–duduk di antara dua sujud–tasyahhud awwal–tasyahhud akhir salam.

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai   Bacaan salat

·         Peserta didik bersama –sama menyanyikan lagu yang berjudul”Yo Kita Salat”

              

v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Communication (Komunikasi

Download RPP

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang        Bacaan salat..dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Bacaan salat

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Bacaan salat

 

 

Proyek

:

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Ayo Kita (Bacaan salat)"

close