RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Ayo Kita (Bacaan salat)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi Pokok : Ayo Kita Shalat
Sub Materi : Bacaan salat
Alokasi Waktu : 4 X 35 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
Ø Menunjukkan perilaku kasih sayang.
Ø Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Ø Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Ø Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Ø Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Bacaan salat. dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Bacaan salat.melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Bacaan salat |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Bacaan salat., Misalnya 1. Susunlah secara berurutan bacaan salat berikut ini! niat–takbiratul ihram–iftitah–surat al-Fatihah–surat atau ayat Al-Qur’an–rukuk–i’tidal–sujud–duduk di antara dua sujud–tasyahhud awwal–tasyahhud akhir salam. |
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Bacaan salat · Peserta didik bersama –sama menyanyikan lagu yang berjudul”Yo Kita Salat”
v Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok v Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) |
Communication (Komunikasi Download RPP |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Bacaan salat..dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Bacaan salat v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
‘
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: Menjelaskan Bacaan salat |
|
|
|
Proyek |
:
|
|
|
Mengetahui |
..., Januari 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Ayo Kita (Bacaan salat)"