Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Hidup Bersih dan Sehat

 

 

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Hidup Bersih dan Sehat


A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Menjelaskan cara hidup bersih dan sehat

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  materi  Bersih dan Sehatmelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan   Bersih dan Sehat

·         Amatilah gambar berikut ini!

      

1.        Buatlah pertanyaan dari hasil pengamatanmu!

2.        Ceritakanlah maksud gambar-gambar di atas!

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Bersih dan Sehats, Misalnya

1.        Allah mencintai orang beriman yang bersih dan ....

2.        Rasul mencintai orang yang kuat dan ....

3.        Kebersihan sebagian dari ....

4.        Mukmin yang kuat lebih baik dan dicintai Allah Swt.  daripada mukmin yang ....

5.        Hidup .... dan .... dicintai Allah Swt. dan rasul.

Collaboration (Bersih dan Sehat)

Download RPP

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Bersih dan Sehat

·         Peserta didik diminta mengisi dan melengkapi kolom dibawah ini!

·         Peserta didik menyanyikan lagu yang berjudul “tepuk tangan islami”

·         Peserta didik membuat contoh permasalahan sehari-hari (kontekstual) yang terkait dengan kebersihan dan hidup sehat.

·         Guru meminta peserta didik memberikan pendapat atau pengalaman hidup kesehariannya, apakah hidupnya sudah bersih dan sehat ataukah belum. Jika sudah atau belum dapat mereka mengemukakan alasannya?

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang    Bersih dan Sehatdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Bersih dan Sehat

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan Bersih dan Sehat yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

:

 

 

Proyek

: Peserta didik membuat kelompok yang berjumlahkan 4-5 anggota untuk mempraktikkan cara hidup bersih dan sehat. Bagilah tugas

  di setiap kelompok untuk membersihkan lingkungan sekolah.

 

 

 

Mengetahui

...,  Juli  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Hidup Bersih dan Sehat"

close