RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Perilaku Terpuji (Kerja sama)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini bahwa sikap saling kerja sama sebagai cerminan dari iman
Ø Menunjukkan sikap kerja sama
Ø Menyebutkan arti kerja sama .
Ø Menjelaskan manfaat kerja sama .
Ø Menunjukkan contoh sikap kerja sama .
Ø Mendemonstrasikan sikap kerja sama.
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Kerja samadalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Kerja samamelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Kerja sama · Amatilah gambar berikut ini!
1. Buatlah pertanyaan dari hasil pengamatanmu! 2. Ceritakanlah maksud gambar-gambar di atas!. |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Kerja samas, Misalnya 1. Dapatkah kamu memberi contoh, pekerjaan yang sebaiknya dikerjakan bersama teman? 2. Dapatkah kamu memberi contoh pekerjaan yang tidak boleh dilakukan dengan bekerja sama? |
Collaboration (Kerja Sama) Download RPP |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kerja sama · Peserta didik diminta mengisi dan melengkapi kolom berikut ini! · Peserta didik mencermati bacaan yang ada dalam buku teks. · Peserta didik menanyakan tentang hal yang telah dicermatinya melalui bacaan. · peserta didik diajak berintrospeksi, apakah selama ini suka bekerja sama? 1. Di dalam bekerja sama apakah betul-betul membantu teman lain, atau malah mempermainkan mereka. 2. Mempermainkan kerja sama, antara lain pernahkah ia meninggalkan teman sendirian ketika sesuatu yang dikerjakan secara bersama belum selesai, sehingga ia lalu pergi diam-diam. · Peserta didik diminta memperagakan bagaimana cara menghapus papan tulis dan merapikan taplak meja di kelas! |
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Kerja samadan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Kerja sama v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
‘
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: |
|
|
|
Proyek |
: Peserta didik membuat 3 kelompok untuk mendiskusikan sikap yang baik tentang hubungan kakak dan adik. Sebutkan juga sikap buruk yang tidak boleh dikerjakan.
|
|
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Perilaku Terpuji (Kerja sama)"