RPP PAI KELAS 3 EDISI REVISI 2020/Shalat Kewajibanku Peduli

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
1. Meyakini bahwa sikap peduli terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
2. Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama.
3. Menyebutkan arti peduli.
4. Menjelaskan perilaku peduli,
5. Mencontohkan sikap peduli.
6. Mendemonstrasikan sikap peduli.
..
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Peduli dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Sikap Peduli .melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Sikap Peduli |
|
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Peduli , Misalnya 1. Apa yang dimaksud dengan Peduli ? |
|
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peduli · Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi : Peduli · Mencatat semua informasi tentang materi : Peduli yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema : Peduli sesuai dengan pemahamannya |
|
Communication (Komunikasi) Download RPP |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Peduli .dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
|
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Peduli v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
|
PENUTUP (15 Menit) |
|
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
‘
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: Menjelaskan arti dan makna Peduli |
|
|
|
Proyek |
:
|
|
|
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
|||
|
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
......................... |
......................... |
|||
|
NIP. |
NIP. |
|||

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 3 EDISI REVISI 2020/Shalat Kewajibanku Peduli "