RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mengenal sifat-sifat wali Allah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi Pokok : Kisah keteladanan Wali Songo
Sub Materi : Mengenal sifat-sifat wali Allah
Alokasi Waktu : 4 X 35 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.
Ø Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Mengenal sifat-sifat wali Allah dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Mengenal sifat-sifat wali Allah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Mengenal sifat-sifat wali Allah Ø Peserta didik diminta untuk mengamati dan menceritakan gambar berikut!
|
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Mengenal sifat-sifat wali Allah , Misalnya Ø Siapakah Wali Allah itu? |
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Mengenal sifat-sifat wali Allah Ø Peserta didik diminta untuk menyebutkan tiga contoh perbuatan syirik! Ø Peserta didik diminta untuk menyebutkan tiga contoh perbuatan maksiat! Ø Penilaian kegiatan ini dapat dilakukan melalui rubric berikut! |
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Mengenal sifat-sifat wali Allah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Mengenal sifat-sifat wali Allah v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: Menjelaskan dan Mengenal sifat-sifat wali Allah |
|
|
|
Proyek |
: |
|
|
Mengetahui |
..., Januari 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mengenal sifat-sifat wali Allah "