Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 5 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin

 

 

 

RPP PAI KELAS 5 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Membaca Q.S. at-Tin dengan tartil..

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Membaca Surat at-Tin dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada  Membaca Surat at-Tin melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan     Membaca Surat at-Tin

Ø Peserta didik mengamati langkah-langkah cara membaca al-Qur’an

 

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Membaca Surat at-Tin , Misalnya

Ø  Apakah yang dimaksud dengan tartil?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai   Membaca Surat at-Tin

Ø  Guru menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur'an yangbaik dan benar.

Ø  Guru menunjuk beberapa peserta didik sebagai model untuk membaca Q.S. at-Tin.

Ø  Guru memberikan penguatan dengan memberikan contoh membaca Q.S.at-Tin yang benar.

Ø  Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S.at-T³n denganbenar.

Ø  Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S.at-T³n yang benar.

Ø  Peserta didik menirukan bacaan Q.S.at-T³n bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya..

Communication (Komunikasi)

Download RPP

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang       Membaca Surat at-Tin dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang    Membaca Surat at-Tin

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

:

 

 

Proyek

: Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok  Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan

  informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok

 

 

Mengetahui

...,  Juli  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 5 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin"

close