Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.12 Rasul Allah Idolaku

Mengidolakan rasul artinya mencintai rasul. Siapa yang mencintai rasul akan bersamanya di dalam surga nanti. Aamiin

3.12 Rasul Allah Idolaku


Para rasul adalah laki-laki pilihan Allah Swt. Mereka wajib kita ketahui dan imani. Salah satu rukun iman adalah beriman kepada rasul. Seorang muslim wajib membenarkan semua rasul dengan sifat-sifat, kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Para rasul berkewajiban menyampaikan risalah dan wahyu yang diterimanya itu kepada manusia.

Salah satu dari rasul Allah Swt. adalah Muhammad saw. Ia adalah teladan utama uswatun hasanah bagi manusia. Renungkanlah firman Allah Swt. berikut ini.

A. Kisah Teladan Nabi Dāūd a.s.

Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang nabi dari Bani Israil, yaitu dari Sibith Yahuda. Ia merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrāh3m a.s.. Nabi Dāūd a.s. hidup pada masa Raja °ālūt yang beriman dan Raja Jālūt yang kafir. Ketika itu terjadi peperangan antara tentara °ālūt dan tentara Jālūt . Tentara °ālūt dapat mengalahkan Jālūtserta bala tentaranya dengan izin Allah Swt., dan Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang bala tentara °ālūt yangdapat membunuh raja Jālūt. 

Suatu ketika, sesudah °ālūt wafat, Nabi Dāwūd a.s. diangkat menjadi raja, Allah Swt. memberikan kerajaandan ilmu pengetahuan kepada Nabi Dāūd a.s. KemudianAllah Swt. mengangkatnya menjadi rasul dan memberikan karunia yang agung, yaitu kitab Zabur. Lihat dan bacalah firman Allah Swt. berikut ini.

Kitab Zabur adalah mu’jizāt bagi Nabi Dāūd a.s. Selain Zabur, keistimewaan Nabi Dāūda.s. lainnya adalah setiap pagi dan senja gunung-gunung bertasbih mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Ia juga memahami bahasa burung-burung. Binatang juga mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Selain itu, kerajaannya yang kuat belum pernah sekalipun dapat terkalahkan. Sebaliknya, Nabi Dāūd a.s. selalu mendapat kemenangan dari semua lawannya. Ia menduduki takhta kerajaan selama 40 tahun.

Di antara mu’jizāt Nabi Dāūd a.s. adalah dapat melunakkan besi seperti lilin, kemudian ia dapat mengubah-ubah bentuk besi itu tanpa memerlukan api atau peralatan apa pun. Dari besi itu, ia dapat membuat baju besi yang dikukuhkan dengan tenunan dari bulatan-bulatan rantai yang saling menjalin secara berkesinambungan. Jenis baju ini membuat pemakainya lebih bebas bergerak, karena tidak kaku seperti baju besi biasa yang dibuat dari besi lembaran. Tentang mu’jizāt-nya ini disebutkan dalam Surat Saba‘/34: 10-11 dan Surat al-Anbiyâ’/21: 80. Allah Swt. memberi baju besi sebagai mu’jizat kepada Nabi Dāūd guna melindungi prajurit dari serangan musuh Allah.

Nabi Dāūd a.s. adalah seorang Nabi yang amat taat kepada Allah, mempunyai kekuatan di dalam beribadah terutama salat malam dan berpuasa separuh tahun, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka, berselang seling, serta banyak beramal
£ālih. Keberaniannya luar biasa, dia tidakmelarikan diri ketika bertemu musuh.

Keistimewaan Nabi Dāwūd a.s lainnya,ia mempunyai suara yang sangat merdu yang tidak ada bandingannya dari dahulu hingga sekarang. Apabila ia bernyanyi melagukan isi kitab Zabur, maka gunung- gunung dan burung-burung ikut bertasbih bersama Nabi Dāūd a.s.




Post a Comment for "3.12 Rasul Allah Idolaku"

close