Download Pemetaan dan Penilaian PAI Kelas 4 Semester 1- aksesyasin
A. Penilaian Autentik
Penilaian Autentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tjuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan dicapai.
Berikut adalah prinsip-prinsip Autentik:
- Proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran ( a part of, not apart from instruction).
- Penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata (real word problem), bukan masalah dunia sekolah (school work kind of problems).
- Penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metode dan kriteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar.
- Penilaian harus bersifat holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran (kognitif, afektif dan sensorimotorik).
B. Memaparkan tentang Konsep Penilaian Autentik
Berikut adalah prinsip-prinsip Autentik:
Proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran ( a part of, not apart from instruction).
- Penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata (real word problem), bukan masalah dunia sekolah (school work kind of problems).
- Penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metode dan kriteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar.
- Penilaian harus bersifat holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran (kognitif, afektif dan sensorimotorik).
Tujuan penilaian dikelas oleh guru hendaknya diarahkan pada empat tujuan berikut:
- Penelusuran (keeping treck), yaitu untuk menelusuri agar proses pembelajaran anak didik tetap sesuai dengan rencana.
- Pengecekan (cheking-up) yaitu untuk mengecek adakah kelemahan-kelemahan yang dialami anak didik dalam proses pembelajaran.
- Pencarian (finding-out), yaitu untuk mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kelemahan dan kesalaan dalam prosespembelajaran.
- Penyimpulan (summing-up), yaitu untuk menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai seluruh kompetensi yang diterapkan dalam kurikulum atau belum. baik dalam bentuk rapor siswa atau bentuk-bentuk lainnya, ( Chitteden, 1991)
a. Fungsi penilaian kelas
Penilaian kelas yang disusun secara berencana dan sistematik oleh guru memiliki fungsi motivasi, belajar tuntas, efektivitas pengajaran dan umpan balik.
b. Prinsip penilaian
Agar penilaian kelas memenuhi tujuan dan fungsi sebagaimana dijelaskan diatas, perlu diperhatikan hal-hal berikut.
- Mengacu ke kemampuan (competency referenced)
- Berkelanjutan (continuous)
- Didaktis
- Menggali informasi
- Melihat yang benar dan yang salah
C. Memaparkan tentang Alat Penilaian Jenis Tes
Beberapa jenis asesmen autentik disajikan berikut ini :
- Penilaian Kinerja
- Penilaian Proyek
- Penilaian Portofolio
- Penilaian Tertulis
- Penilaian sikap
Download Teknik Penilaian PAI dan Budi Pekerti Kelas 4 Semester 1
D. Memaparkan tentang Alat Penilaian Kelas Non-tes
- Alat Penilaian Kelas Non-tes
- Observasi atau pengamatan
- Wawancara (interview)
- Angket
Diatas merupkan susunannya untuk mendaptkan filenya silahkan ikuti langkah-langkahnya agar tidak membingungkan. Selamat membaca di aksesyasin dan ikuti terus updatenya ditelegram kami.
Post a Comment for "Download Pemetaan dan Penilaian PAI Kelas 4 Semester 1- aksesyasin"