DOWNLOAD RPP PAI KELAS 5 SEMESTER 1 -AKSESYASIN
A. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi.
a. Langkah-langkah Penyusunan Rencana pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
1. Mencantumkan identitas
Nama Sekolah : ...............................
Mata Pelajaran : ...............................
Kelas/ Semester : ...............................
Standar Kompetensi : ...............................
Kompetensi Dasar : ...............................
Indikator : ...............................
Alokasi Waktu : ...............................
Catatan:
1. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
2. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian standar kompetensi yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyak pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk pencapaiannya diperhitungkan dalam satu siklus pembelajaran atau beberapa kali pertemuan yang ditentukan dalam jam pelajaran dan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
2. Mencantumkan Tujuan Pembelajarannya
Tujuan pembelajaran merupakan penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/ dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran dinyatakan dalam bentuk yang operasional, spesifik, dapat diamati (observable) dan diukur (measurable) dari kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran bisa satu tujuan atau lebih.
3. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/ atau strategi yang dipilih, misalnya metode tanya jawab, diskusi, eksperimen, dan pendekatan beberapa metode pembelajaran seperti pendekatan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif.
5. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan angkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/ pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Kegiatan pendahuluan/ pembuka merupakan kegiatan awal yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran. Fungsinya untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif, yangmemungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Guru diharapkan dapat menciptakan kondisi awal pembelajaran dengan baik sehingga dalam kegiatan inti pembelajaran siswa sudah siap mengikuti pembelajaran dengan baik.
Kegiatan penutup atau akhir dalam pembelajaran meliputi kegiatan sebagai berikut:
a) Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran yang telah diajarkan.
b) Melaksanakan tindak lanjut pembelajaran dengan pemberian tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah, menjelaskan materi pembelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, membaca materi pembelajaran tertentu, memberikan motivasi atau bimbingan belajar.
c) Mengemukakan topik pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
d) Memberikan evaluasi lisan atau tertulis lalu mengkaji hasil evaluasi akhir tersebut.
e) Menutup kegiatan pembelajaran.
6. Mencantumkan Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan segala suatu atau rujukan, objek dan/ bahan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yang berupa, buku teks, media cetak, media elektronika, alat, bahan, nara sumber, llingkungan alam sekitar, sosial, budaya dan sebagainya.
7. Alat dan Bahan
Alat dan bahan adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk kegiatan pembelajaran baik praktik atau praktikum.
8. Mencantumkan Evaluasi
Evaluasi adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisa, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dan pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
B. Fungsi Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti dijelaskan berikut ini.
Fungsi Kreatif
Fungsi Inovatif
Fungsi Selektif
Fungsi Komunikatif
Fungsi Prediktif
Fungsi Akurasi
Fungsi Pencapaian Tujuan
Fungsi Kontrol
C. Komponen-komponen RPP
Topik bahasan
Tujuan pembelajaran ( kompetensi dan indikator kompetensi )
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Alat/media yang dibutuhkan, dan
Evaluasi hasil belajar.
D. Pedoman Penyusunan RPP
Pada Permendikbud No 103 Tahun 2014 dituliskan tentang komponen RPP yang terdiri dari:
1. Identitas Sekolah/ Madrasah, Mata Pelajaran, dan Kelas/ Semester
2. Alokasi waktu
3. KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi
4. Materi pembelajaran
5. Kegiatan pembelajaran
6. Penilaian
7. Media/alat, bahan, dan sumber belajar.
Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD pada KI-2
3. KD pada KI-3
4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran
Dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
Download RPP PAI Kelas 5 Semester 1
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
Diatas merupkan susunannya untuk mendaptkan filenya silahkan ikuti langkah-langkahnya agar tidak membingungkan. Selamat membaca di aksesyasin dan ikuti terus updatenya ditelegram kami.
Post a Comment for "DOWNLOAD RPP PAI KELAS 5 SEMESTER 1 -AKSESYASIN"