DOWNLOAD RPP PAI KELAS 1 SEMESTER 1 -AKSESYASIN
A. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana
yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau
lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam
silabus
Dalam
menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar,
tujuan pembelajaran, materi pembelajaran metode pembelajaran,
langkah-langkah kegiatan pembelajaran,
sumber belajar, dan evaluasi.
a. Langkah-langkah
Penyusunan Rencana pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
1. Mencantumkan
identitas
Nama
Sekolah :
...............................
Mata
Pelajaran :
...............................
Kelas/
Semester : ...............................
Standar
Kompetensi :
...............................
Kompetensi
Dasar :
...............................
Indikator :
...............................
Alokasi
Waktu :
...............................
Catatan:
1. Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan
pendidikan
2. Alokasi waktu
diperhitungkan untuk pencapaian standar kompetensi yang bersangkutan, yang
dinyatakan dalam jam pelajaran dan
banyak pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk pencapaiannya diperhitungkan
dalam satu siklus pembelajaran atau beberapa kali pertemuan yang ditentukan
dalam jam pelajaran dan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
2. Mencantumkan
Tujuan Pembelajarannya
Tujuan pembelajaran merupakan penguasaan
kompetensi yang operasional yang ditargetkan/ dicapai dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran dinyatakan dalam bentuk yang
operasional, spesifik, dapat diamati (observable) dan diukur (measurable)
dari kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran bisa satu tujuan atau lebih.
3. Mencantumkan
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Mencantumkan
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/ atau strategi yang dipilih, misalnya metode tanya jawab, diskusi, eksperimen, dan pendekatan beberapa metode pembelajaran seperti pendekatan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif.
5. Mencantumkan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk
mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan angkah-langkah kegiatan
setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan
setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan
pendahuluan/ pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Kegiatan
pendahuluan/ pembuka merupakan kegiatan awal yang harus ditempuh guru dan siswa
pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran. Fungsinya untuk menciptakan suasana
awal pembelajaran yang efektif, yangmemungkinkan siswa dapat mengikuti proses
pembelajaran dengan baik. Guru diharapkan dapat menciptakan kondisi awal
pembelajaran dengan baik sehingga dalam kegiatan inti pembelajaran siswa sudah
siap mengikuti pembelajaran dengan baik.
Kegiatan
penutup atau akhir dalam pembelajaran meliputi kegiatan sebagai berikut:
a) Guru
dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
diajarkan.
b) Melaksanakan
tindak lanjut pembelajaran dengan pemberian tugas atau latihan yang harus
dikerjakan di rumah, menjelaskan materi pembelajaran yang dianggap sulit oleh
siswa, membaca materi pembelajaran tertentu, memberikan motivasi atau bimbingan
belajar.
c) Mengemukakan
topik pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
d) Memberikan
evaluasi lisan atau tertulis lalu mengkaji hasil evaluasi akhir tersebut.
e) Menutup kegiatan pembelajaran.
6. Mencantumkan
Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan segala suatu atau
rujukan, objek dan/ bahan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yang
berupa, buku teks, media cetak, media elektronika, alat, bahan, nara sumber,
llingkungan alam sekitar, sosial, budaya dan sebagainya.
7. Alat
dan Bahan
Alat
dan bahan adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk kegiatan pembelajaran
baik praktik atau praktikum.
8. Mencantumkan
Evaluasi
Evaluasi
adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisa, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa
yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi
informasi yang bermakna dan pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat
keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
B. Fungsi Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti dijelaskan berikut ini.
Fungsi Kreatif
Fungsi Inovatif
Fungsi Selektif
Fungsi Komunikatif
Fungsi Prediktif
Fungsi Akurasi
Fungsi Pencapaian Tujuan
Fungsi Kontrol
C. Komponen-komponen RPP
Topik bahasan
Tujuan pembelajaran ( kompetensi dan indikator kompetensi )
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Alat/media yang dibutuhkan, dan
Evaluasi hasil belajar.
D. Pedoman
Penyusunan RPP
Pada Permendikbud No 103 Tahun 2014
dituliskan tentang komponen RPP yang terdiri dari:
1. Identitas Sekolah/ Madrasah, Mata Pelajaran, dan Kelas/ Semester
2. Alokasi waktu
3. KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi
4. Materi pembelajaran
5. Kegiatan pembelajaran
6. Penilaian
7. Media/alat, bahan, dan sumber belajar.
Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD pada KI-2
3. KD pada KI-3
4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran
Dapat berasal dari buku teks
pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal,
materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan informasi/mencoba
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
Download RPP PAI Kelas 1 Semester 1
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan.
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran
remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
Diatas merupkan susunannya untuk mendaptkan filenya silahkan ikuti langkah-langkahnya agar tidak membingungkan. Selamat membaca di aksesyasin dan ikuti terus updatenya ditelegram kami.
Post a Comment for "DOWNLOAD RPP PAI KELAS 1 SEMESTER 1 -AKSESYASIN"