Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KI-KD PA Islam Kelas 3

 

Assalamualaikum. Wr. Wb

Disini kami akan membagikan KI-KD PA Islam Kelas 3 tentunya untuk menjadi acuan dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

 


SALINAN LAMPIRAN

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 37 TAHUN 2018

TENTANG

PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI

 

KELAS: III

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

 

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.       menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.       menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1

terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil

2.1

menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. an- Nasr dan Q.S. al-Kausar

1.2

meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

2.2

menunjukkan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

1.3

meyakini keesaan Allah Swt. Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

2.3

menunjukkan sikap kerja sama sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.

1.4

meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui, dan Maha Mendengar

2.4

menunjukkan sikap peduli, berbuat baik, dan berhati-hati sebagai implementasi pemahaman al- Asmau al-Husna: al-Wahhab, al- ‘Alim, dan as- Sami‘

1.5

meyakini bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai cerminan dari iman

2.5

menunjukkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

1.6

meyakini bahwa sikap peduli terhadap sesama sebagai cerminan dari iman

2.6

menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Kausar

1.7

menerima dan mensyukuri nikmat Allah Swt. yang diberikan kepada makhluknya

2.7

menunjukkan sikap bersyukur

1.8

menjalankan salat secara tertib

2.8

menunjukkan sikap hidup tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah salat

1.9

menerima makna zikir dan doa setelah salat sebagai wujud berserah diri kepada Allah Swt.

2.9

menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman makna zikir dan doa setelah salat

1.10 menjalankan ibadah salat dengan tertib

2.10 menunjukkan perilaku kerja sama sebagai implementasi pemahaman hikmah ibadah salat

1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Yusuf a.s.

2.11 menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi Syu’aib a.s.

2.12 menunjukkan sikap jujur sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.

1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

2.13 menunjukkan sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat, dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

 

 

DOWNLOAD VERSI 

WORD 

 

 

 

2.14 menunjukkan sikap percaya diri dan mandiri sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.

memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

4.

menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1

memahami makna Q.S. an-Nasr

dan al-Kausar

4.1.1 membaca kalimat-kalimat dalam

Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar

        menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar

        menunjukkan hafalan Q.S. an-Nasr

dan al-Kausar dengan lancar

3.2

memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab

4.2

mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab sebagai implementasi makna Hadis yang terkandung

3.3

memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

4.3

melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta

3.4

memahami makna al-Asmau al- Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as- Sami‘

4.4

membaca al-Asmau al-Husna: al- Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘ dengan jelas dan benar

3.5

memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

4.5

mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

3.6

memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Kausar

4.6

mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Kausar

3.7

memahami sikap bersyukur

4.7

mencontohkan sikap bersyukur

3.8

memahami makna salat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al- Kausar

4.8

menunjukkan contoh makna salat sebagai wujud dari pemahaman

Q.S. al-Kausar

3.9

memahami makna zikir dan doa setelah salat

4.9

mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah salat secara benar

3.10 memahami hikmah ibadah salat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

4.10 menceritakan pengalaman hikmah pelaksanaan ibadah salat di rumah dan sekolah

3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

3.12 memahami kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.

4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.

3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

3.14 memahami kisah keteladanan nabi Muhammad saw.

4. 14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

 

 

Post a Comment for "KI-KD PA Islam Kelas 3"

close