Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 3 EDISI REVISI 2020/Zikir dan Doa Setelah Sholat

 

 

 

RPP PAI KELAS 3 EDISI REVISI 2020/Zikir dan Doa Setelah Sholat

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

1.        Membiasakan berzikir setelah salat.

2.        Membiasakan berdoa setelah salat.

3.        Menyebutkan arti zikir dengan benar.

4.        Menyebutkan arti doa dengan benar.

5.        Menjelaskan arti zikir salat dengan benar.

6.        Menjelaskan arti doa salat dengan benar.

.

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi   Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat .melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan       Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

Lembar kerja materi : Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

pemberian contoh-contoh materi : Arti Zikir dan Doa Setelah Sholatuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

Collaboration (Kerja Sama)

Download RPP

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai   Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi : Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

·         Mencatat semua informasi tentang materi : Arti Zikir dan Doa Setelah Sholatyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

·         Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema : Arti Zikir dan Doa Setelah Sholatsesuai dengan pemahamannya

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang        Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat.dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang    Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Arti Zikir dan Doa Setelah Sholat

 

 

Proyek

:

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 3 EDISI REVISI 2020/Zikir dan Doa Setelah Sholat"

close