RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
Ø Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw..
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt Ø Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
Ø Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut. Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut. |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt Misalnya |
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt Ø Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat. Ø Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas Download RPP |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: Menjelaskan Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt |
|
|
Proyek |
: |
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
||
|
|
||
|
|
||
......................... |
......................... |
||
NIP. |
NIP. |
||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Kasih Sayang Nabi Muhammad Swt"