Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Cinta Nabi dan Rasul

 


A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.

Ø  Menunjukkan sikap pemaaf

Ø  Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

Ø  Menjelaskan sikap pemaaf dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

Ø  Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

Ø  Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Adam a.s

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Teladan Nabi Adam a.s dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  materi Teladan Nabi Adam a.s melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan  Teladan Nabi Adam a.s

Ø  Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu, berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.                 

Ø  Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk  the educational  diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas  pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.

Ø  Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul.

Ø  Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.

Ø  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul. Tujuan diutusnya rasul menjadi penjelasan utama.

Ø   Guru menceritakan kisah singkat Nabi Adam a.s. Fokuskan kisah  pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf.

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Teladan Nabi Adam a.s Misalnya

1.        Salah satu sifat terpuji Nabi Adam a.s. adalah....

2.        Ketika Nabi ²dam a.s. berbuat salah ia melakukan....

3.        Manusia pertama diciptakan Allah Swt. adalah….

4.        Nabi ²dam a.s. mohon ampun kepada….

5.        Jika temanmu meminta maaf maka kamu....

6.        Coba ceritakan kisah teladan Nabi adam a.s.

Collaboration (Kerja Sama)

Download RPP

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Teladan Nabi Adam a.s

Ø  Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu jalan masuk surga.dinyanyikan secara berulang  

                                                            

Ø  Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik untuk

memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

 

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang   Teladan Nabi Adam a.s dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Teladan Nabi Adam a.s

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Manusia yang diciptakan oleh allah adalah.....

 

 

Proyek

:

 

Mengetahui

...,  Juli  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 



Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Cinta Nabi dan Rasul"

close