RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Cinta Nabi dan Rasul
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.
Ø Menunjukkan sikap pemaaf
Ø Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Ø Menjelaskan sikap pemaaf dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Ø Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Ø Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Adam a.s
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Teladan Nabi Adam a.s dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Teladan Nabi Adam a.s melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Teladan Nabi Adam a.s Ø Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu, berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan. Ø Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar. Ø Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul. Ø Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa. Ø Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul. Tujuan diutusnya rasul menjadi penjelasan utama. Ø Guru menceritakan kisah singkat Nabi Adam a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Teladan Nabi Adam a.s Misalnya 1. Salah satu sifat terpuji Nabi Adam a.s. adalah.... 2. Ketika Nabi ²dam a.s. berbuat salah ia melakukan.... 3. Manusia pertama diciptakan Allah Swt. adalah…. 4. Nabi ²dam a.s. mohon ampun kepada…. 5. Jika temanmu meminta maaf maka kamu.... 6. Coba ceritakan kisah teladan Nabi adam a.s. |
Collaboration (Kerja Sama) Download RPP |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Teladan Nabi Adam a.s Ø Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu jalan masuk surga.dinyanyikan secara berulang
Ø Pada kolom “insya Allah aku bisa”, guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Teladan Nabi Adam a.s dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Teladan Nabi Adam a.s v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: Manusia yang diciptakan oleh allah adalah..... |
|
|
|
Proyek |
: |
|
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Cinta Nabi dan Rasul"