Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Senang bisa membaca Al-qur’an (Melafalkan Surat Al-Asr)

 

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Senang  bisa membaca Al-qur’an (Melafalkan Surat Al-Asr)

 

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Terbiasa membaca Al-Qur’an.

Ø Menunjukkan sikap saling menasehati.

Ø Menunjukkan pelafalan Q.S. al-‘Asr ayat 1-2.

Ø Menunjukkan pelafalan Q.S. al-‘Asr ayat 1-3.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Melafalkan Surat Al-Asr.dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Melafalkan Surat Al-Asr.melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan    Melafalkan Surat Al-Asr

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

 

Critical Thinking 

Download RPP

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang  Melafalkan Surat Al-Asr ., Misalnya

·         Siapa di antara kamu yang sudah dapat melafalkan surat Al-‘Asr?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Melafalkan Surat Al-Asr

·         Sebelum melafalkan surat al-‘Asr, peserta didik  menyanyikan lagu tentang membaca dan menghafal AlQur’an, dibimbing guru. Nyanyikan secara berulang-ulang.

·         Guru melafalkan Q.S. al-Asr dengan suara jelas,lakukan secara bergantian laki-laki dan perempuan.

·         Peserta didik melafalkan Q.S. al-Asr bersama dengan teman sebangkunya. Lakukan secara bergantian.

·         Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual dengan lancar, peserta didik mendemonstrasikan Pelafalannya.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang     Melafalkan Surat Al-Asr.dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Melafalkan Surat Al-Asr

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Melafalkan Surat Al-Asr.

 

 

Proyek

:

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/Senang bisa membaca Al-qur’an (Melafalkan Surat Al-Asr)"

close