Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar Q.S. al-Falaq

 

 

 

RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar  Q.S. al-Falaq

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Memahami Q.S. al-Falaq dengan baik dan benar.

Ø Membaca Q.S. al-Falaq dengan tartil

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaqdalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  materi  Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaqmelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan   Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq

Ø  Pengertian Q.S al-Falaq

·         Amati dan ceritakan gambar berikut!

                

Ø  Membaca Q.S al-Falaq

·         Amati dan ceritakan gambar berikut!

               

Ø  Membaca Q.S al-Falaq

Ayo, baca Q.S al-Falaq berikut dengan sungguh-sungguh, awali dengan membaca basmalah:

 

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaqs, Misalnya

1.        Apa arti al-Falaq?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq

·         Baca Q.S al-Falaq berikut dengan sungguh-sungguh, awali dengan membaca basmalah:

              

§  Amati gurumu melafalkan Q.S al-Falaq. Perhatikan gerak mulut dan panjang-pendek bacaan ketika melafalkannya.

§  Baca dan lafalkan ayat diatas dengan benar secara berulang. Jika sudah mahir ayat pertama lanjutkan ke ayat kedua

·         Cermati dan tirukan pelafalan Q.S al-Falaq diatas secara berulang sampai lancar

·         Lafalkan secara berulang huruf-huruf berikut sehingga jelas perbedaannya:

·         Ayo lakukan secara berulang sehinga kamu dapat membaca Q.S al-Falaq dengan baik dan benar

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang    Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaqdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas)

Download RPP

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq

 

 

Proyek

:

 

 

Mengetahui

...,  Juli  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mari Belajar Q.S. al-Falaq"

close