RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mengenal Arti Bersih dan Sehat

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Mengenal Arti Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Mengenal Arti Bersih dan Sehatmelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Mengenal Arti Bersih dan Sehat Ø Mengenal Arti Bersih dan Sehat · Peserta didik diminta mengamati gambar yang ada di dalam buku teks dan menjelaskan dengan singkat. · Amati dan ceritakan gambar berikut! · Gambar cara membersihkan najis Ø Mengenal Hadas Kecil dan Hadas Besar |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat, Misalnya Ø Bersih artinya adalah? Ø Suci artinya adalah? |
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Mengenal Arti Bersih dan Sehat Ø Mengenal Arti Bersih dan Sehat · Ayo, peragakan cara bersuci dan membersihkan najis! · peserta didik memeragakan cara bersuci dan membersihkan najis. Penilaian kegiatan ini dapat dilakukan melalui rubrik berikut. Ø peserta didik menyimulasikan tentang membersihkan hadas. Guru dapat menggunakan torso atau manusia buatan. Ø Peserta didik harus paham secara benar. Praktik membasuh najis, ikuti petunjuk yang terdapat pada buku! Ø Ayo, peragakan cara bersuci dan membersihkan najis! |
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas) Download RPP |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Mengenal Arti Bersih dan Sehat v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: |
|
|
|
Proyek |
: peserta didik dikelompokkan untuk mempelajari tentang arti bersih dan suci..
|
|
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Mengenal Arti Bersih dan Sehat"