SOAL PTS PAI KELAS 5 SEMESTER 1
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Dibawah ini merupakan mu’jizat terbesar dan teristimewa di antara mu’jizat yang diterima nabi muhammad saw yaitu ...
a. injil |
c. zabur |
b. al-qur’an |
d. taurat |
2.
Potongan ayat diatas merupukan ayat ke .... surah at-tiin
a. 4 |
c. 6 |
b. 5 |
d. 7 |
3. Dibawah ini merupakan huruf hijaiyah yang hanya bersambung ke sebelah kanan yaitu ......
a. wa dan jim |
c. ra dan ta |
b. ra dan sin |
d. wa dan ra |
4. At-tiin artinya ....
a. buah tiin |
c. buah khuldi |
b. buah zaitun |
d. buah kurma |
5. Pada al-qur’an, surah at-tiin berada pada urutan surah ke ...
a. 93 |
c. 95 |
b. 103 |
d. 97 |
6. Jumlah ayat dalam surah at-tiin yaitu ....
a. 7 |
c. 9 |
b. 8 |
d. 10 |
7. Surah at-tiin termasuk kedalam golongan surah ...
a. madaniyyah |
c. makkiyah |
b. panjang |
d. pendek |
8.
Gunung Sinai terletak di Semenanjung Sinai, lintasan antara Tanah Mesir ke Israil, Arab, dan Mesopotamia. Gunung setinggi 2,285 meter ini juga dikenali dengan nama Jabal Musa (Gunung Nabi Musa), karena di tempat ini, Nabi Musa menerima wahyu pertama dan diangkat menjadi Rasul. Pada malam mi’rāj, Rasulullah saw. berhenti sebentar di tempat ini dan melaksanakan £alat sebagai penghormatan beliau pada kesucian tempat tersebut.
Bacaan diatas merupakan isi kandungan daalam surah at-tiin ayat ...
a. 5 |
c. 3 |
b. 4 |
d. 2 |
9. “Setiap yang bernyawa pasti mati”, berarti Allah Swt berisfat ...
a. al-mumiit |
c. al-qayyum |
b. al-hayyu |
d. al-ahad |
10. Yang memberi hidup (nyawa) dan rezeki adalah Allah Swt, berarti Allah Swt bersifat ...
a. al-mumiit |
c. al-qayyum |
b. al-hayyu |
d. al-ahad |
11. Allah Swt. itu berdiri sendiri untuk selama-lamanya. Berarti Allah Swt bersifat ....
a. al-mumiit |
c. al-ahad |
b. al-hayyu |
d. al-qayyum |
12. ”Yā Allah, Engkaulah Tuhan satu-satunya, tiada sekutu bagi-Mu. Engkau tempat meminta. Jadikanlah aku dapat hidup mandiri”. Berarti Allah Swt bersifat ...
a. al-mumiit |
c. al-ahad |
b. al-hayyu |
d. al-qayyum |
13. Nabi yang menerima kitab Taurat yaitu ...
a. Nabi Musa as |
c. Nabi Daud as |
b. Nabi Isa as |
d. Nabi Muhammad saw |
14. Kitab Allah berisi ....
a. bacaan |
c. kisah malaikat |
b. petunjuk |
d. kisah para nabi dan rasul |
15.
gambar diatas menunjukkan contoh jujur kepada ....
a. Teman |
c. Orangtua |
b. Guru |
d. Allah Swt |
16.
Gambar diatas menunjukkan contoh jujur kepada ...
a. orang lain |
c. guru |
b. teman |
d. Allah Swt |
17.
gambar disamping menunjukkan contoh hormat kepada ...
a. teman |
c. guru |
b. orang lain |
d. orangtua |
18.
gambar
disamping menunjukkan contoh hormat kepada ....
a. teman |
c. orang lain |
b. guru |
d. orangtua |
19.
gambar disamping menunjukkan contoh menghargai .... orang lain
a. keyakinan |
c. kebiasaan |
b. kemampuan |
d. kebinasaan |
20.
Pada hari Selasa, siswa kelas lima belajar kelompok membahas tentang “Sikap anak terhadap orang tua, yaitu ayah dan ibu”. Siswa kelas lima dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok satu dipimpin oleh Ahmad, sedangkan anggotanya adalah Iwan, Habibi, Dino, Ira, Nisa, dan Ilham.
Dalam belajar kelompok, ma-sing-masing siswa mengemu-kakan pendapatnya tentang bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang tua. Sebagai contoh dalam belajar kelompok yang dipimpin oleh Ahmad,
Nisa mengatakan: “Harus ikut membantu pekerjaan rumah”.
Habibi mengatakan: “Tidak boleh keluar rumah tanpa seijin orang tua”. Dan Ilham mengatakan: “Di rumah tugasku hanya belajar saja’. Kemudian Iwan mengatakan: “Yang penting aku tidak boleh meninggalkan salat dan
mengaji”.
Ahmad sebagai pimpinan diskusi cukup bijaksana. Semua pendapat dihargai dan dihimpunnya secara tertulis. Kemudian ia mengajak teman-teman sekelompoknya merangkum berbagai pendapat tersebut.
Teks diatas menunjukkan contoh menghargai .... orang lain
a. keinginan |
c. pendapat |
b. kejahatan |
d. kebaikan |
Baca Juga:
II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
1. Apa mu’jizat terbesar bagi Nabi Muhammad saw?
2. Tuliskan lafal atau bunyi QS. At-Tiin ayat 2 dengan sempurna!
3. Jelaskan isi kandungan QS. At-Tiin ayat 7!
4. Jelaskan semampumu tentang asmaul husna al-hayyu!
5. Jelaskan semampumu tentang asmaul husna al-ahad!
6. Sebutkan kitab-kitab Allah Swt dan Nabi yang menerimanya!
7.
gambar disamping menunjukkan contoh jujur
kepada siapa?
8.
gambar disamping menunjukkan contoh hormat
kepada siapa?
9.
gambar disamping menunjukkan contoh menghargai apa?
10.
Pada hari Selasa, siswa kelas lima belajar kelompok membahas tentang “Sikap anak terhadap orang tua, yaitu ayah dan ibu”. Siswa kelas lima dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok satu dipimpin oleh Ahmad, sedangkan anggotanya adalah Iwan, Habibi, Dino, Ira, Nisa, dan Ilham.
Dalam belajar kelompok, ma-sing-masing siswa mengemu-kakan pendapatnya tentang bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang tua. Sebagai contoh dalam belajar kelompok yang dipimpin oleh Ahmad, Nisa mengatakan: “Harus ikut membantu pekerjaan rumah”.
Habibi mengatakan: “Tidak boleh keluar rumah tanpa seijin orang tua”. Dan Ilham mengatakan: “Di rumah tugasku hanya belajar saja’. Kemudian Iwan mengatakan: “Yang penting aku tidak boleh meninggalkan salat dan mengaji”.
Ahmad sebagai pimpinan diskusi cukup bijaksana. Semua pendapat dihargai dan dihimpunnya secara tertulis. Kemudian ia mengajak teman-teman sekelompoknya merangkum berbagai pendapat tersebut.
Teks diatas menjukkan contoh menghargai apa?
Post a Comment for "SOAL PTS PAI KELAS 5 SEMESTER 1"