Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Metode Role Playing



Metode Role Playing
Metode Role Playing atau Bermain Peran pada prinsipnya merupakan metode untuk ‘menghadirkan’ peran-peran yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu ‘pertunjukan peran’ di dalam kelas/pertemuan, yang kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi agar peserta memberikan penilaian terhadap. Misalnya: menilai keunggulan maupun kelemahan masing-masing peran tersebut, dan kemudian memberikan saran/alternatif pendapat bagi pengembangan peran-peran tersebut. Metode ini lebih menekankan terhadap masalah yang diangkat dalam ‘pertunjukan’, dan bukan pada kemampuan pemain dalam melakukan permainan peran. Langkah-langkah pelaksanaan metode Role Playing, menurut Shaftel dan Shaftel (E. Mulyasa, 2004:141) adalah sebagai berikut.   
1.   Menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik.
2.   Memilih peran
3.   Menyusun tahap-tahap peran
4.   Menyiapkan pengamat
5.   Pemeranan
6.   Diskusi dan evaluasi
7.   Pemeranan ulang
8.   Diskusi dan evaluasi tahap dua
9.   Membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan

Post a Comment for "Metode Role Playing"

close