RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi Pokok : Aku Cinta Nabi dan Rasul
Sub Materi : Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s
Alokasi Waktu : 4 X 35 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
Ø Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s
Ø Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi materi Kisah Teladan Nabi Ayyub a.smelalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s Ø Peserta didik harus memahami bahwa Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian yang sangat hebat dari Allah Swt. tapi tetap tabah dan sabar Ø Peserta didik diajak memahami rahasia ketabahan Nabi Ayyub a.s. menghadapi berbagai macam cobaan antara lain: pernah kaya raya, pernah juga miskin, ditimpa penyakit, dan lainnya. |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s, Misalnya Ø Nabi Ayyub a.s. pernah diuji dengan penyakit? |
Collaboration (Kerja Sama) Download RPP |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s Ø Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s. · Buatlah tulisan yang menceritakan kisah seseorang yang mirip dengan kisah Nabi Ayyub a.s. Kisah seseorang yang tetap beribadah kepada Allah meskipun ia diuji dengan kekayaan, kemiskinan, dan berbagai musibah lainnya! · Kisah yang kamu tulis, ceritakan di depan teman sekelasmu. · Buatlah pentas drama singkat tentang orang kaya dermawan kelompok! Ø peserta didik diminta membuat cerita seseorang yang berkarakter Nabi Ayyub a.s., yaitu seseorang yang taat beribadah dan sabar menghadapi cobaan. Ø peserta didik diminta membuat cerita seseorang yang berkarakter Nabi Ayyub a.s., yaitu seseorang yang taat beribadah dan sabar menghadapi cobaan. Penilaian kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan rubrik sebagai berikut. |
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (15 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
Tes Tertulis |
: |
|
|
|
Proyek |
:
|
|
|
Mengetahui |
..., Juli 2020 |
|||
Kepala SD |
Guru Mata Pelajaran |
|||
|
|
|||
|
|
|||
......................... |
......................... |
|||
NIP. |
NIP. |
|||
Post a Comment for "RPP PAI KELAS 4 EDISI REVISI 2020/Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s"