Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Bimbingan Konseling


Pengertian Bimbingan Konseling


anuryasin

Secara etimologis kata bimbingan merupakan terjemahan dari kata Guidance berasal dari kata kerja to guide yang mempunyai arti “ menunjukkan, membimbing, menuntun, ataupun membantu”. Sesuai dengan istilahnya, maka secara umum bimbingan dapat diartikan sebagai suatu bantuan atau tuntunan. Namun, meskipun demikian tidak berarti setiap bentuk bantuan atau tuntunan adalah bimbingan.
Bimbingan merupakan suatu pertolongan yang menuntun. Bimbingan merupakan suatu tuntunan. Hal ini mengandung pengertian bahwa dalam memberikan bimbingan bila dalam keadaan menuntut, kewajiban dari pembimbing untuk memberikan secara aktif, yaitu memberikan arah kepada yang dibimbingnya. Disamping itu, bimbingan juga mengandung makna memberikan bantuan atau pertolongan dengan pengertian bahwa dalam menentukan arah diutamakan kepada yang dibimbingnya.
Konseling (counseling) merupakan bagian integral dari bimbingan. Konseling juga merupakan salah satu teknik bimbingan. Konseling merupakan inti dalam bimbingan. Ada yang menyatakan bahwa konseling merupakan “jantungnya” bimbingan. Sebagai kegiatan inti atau jantungnya bimbingan, praktik bimbingan bisa dianggap belum ada apabila tidak dilakukan konseling. Istilah konseling yang diadopsi dari Bahasa Inggris “counseling” dalam kamus artinya dikaitkan dengan kata “counsel” memiliki beberapa arti yaitu nasihat, yaitu nasihat, anjuran, dan pembicaraan.
Istilah konseling berasal dari bahasa Inggris to counsel yang secara etimologis berarti to give advice atau memberi saran. Di samping itu, istilah bimbingan selalu dirangkaikan dengan istilah konseling. Hal ini disebabkan karena bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan yang integral.
Konseling merupakan situasi pertemuan tatap muka antara konselor dengan klien (siswa) yang berusaha memecahkan sebuah masalah dengan mempertimbangkannya bersama-sama sehingga klien dapat memecahkan masalahnya berdasarkan penentuan sendiri. Pengertian ini menunjukkan bahwa konseling merupakan suatu situasi pertemuan tatap muka antara konselor dengan klien dimana konselor berusaha membantu klien memecahkan masalah yang dihadapi klien (siswa) berdasarkan pertimbangan bersama-sama, tetapi penentuan pemecahan masalah dilakukan oleh klien sendiri.
Berdasarkan makna bimbingan dan konseling diatas, secara integrasi dapat dirumuskan makna bimbingan dan konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri. Atau proses pemberian bantuan atau pertolongan yang sistematis dari pembimbing (konselor) kepada konseli (siswa) melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya untuk mengungkap masalah konseli sehingga konseli mampu melihat masalahnya sendiri, mampu menerima dirinya sendiri sesuai dengan potensinya, dan mampu memecahkan sendiri masalah yang dihadapinya.
Daftar Pustaka
·        Hallen A Bimbingan dan KonselingCiputat: Ciputat Press, 2005
·        Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2007
·        Walgito, Bimo. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier)Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2010

Post a Comment for "Pengertian Bimbingan Konseling"

close