Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Salat Wajib

 

RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Salat Wajib


A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Menjalankan salat dengan tertib.

Ø Menunjukkan sikap disiplin.

Ø Menyebutkan lima  salat wajib dengan benar.

Ø Menyebutkan bilangan rakaat salat wajib dengan benar

Ø Melaksanakan salat.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Salat Wajib dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi   Salat Wajib melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

         Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan   Salat Wajib

Ø  Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak-anak sedang salat  dalam buku teks.   

 

Ø  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.

Ø  Guru memberikan pertanyaan untuk ditanggapi peserta didik. Misalnya,salat zuhur berapa rakaat? Kemudian, guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut, termasuk menjelaskan jumlah rakaat salat.

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Salat Wajib Misalnya

Ø  Salat yang jumlah rakaatnya tiga adalah….

Ø  Salat ‘Asar berjumlah… rakaat.

Ø  Salat wajib 2 rakaat adalah….

Ø  Salat ‘Asar dilaksanakan setelah Salat....

Ø  Salat wajib 4 rakaat  adalah Zuhur, ‘Asar, dan ....

Ø  Dalam sehari semalam kita mengerjakan Salat sebanyak… rakaat.

Ø  Salat sehari semalam sebanyak...  kali.

Ø  Salat ‘Isya dilaksanakan setelah salat....

Ø   Salat merupakan ibadah wajib umat....

1.         Salat...  dilaksanakan pada siang hari.

Collaboration (Kerja Sama)

Download RPP

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Salat Wajib

Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyanyikan lagu “rakaat salat”, lakukan secara bergantian.

              

 

Ø  Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya Allah aku bisa”).

Ø  Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) menyebutkan nama-nama salat wajib lima waktu (kolom  “ayo kerjakan”). Dapat juga ditugaskan untuk mengamati pelaksanaan salat di masjid atau musala dekat rumahnya, kemudian ceritakan pada pertemuan berikutnya.

    

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang   Salat Wajib dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Salat Wajib

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan tentang Salat Wajib

 

 

Proyek

:

 

 

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 1 EDISI REVISI 2020/Salat Wajib"

close