Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/ Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.

 

 

RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/ Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menunjukkan perilaku kasih sayang.

Ø Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Ø Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s. dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan       Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s..

·         Amati dan ceritakan gambar berikut!

Critical Thinking 

Download RPP

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s., Misalnya

1.        Nabi Ya’qµb a.s. adalah utusan ....

2.        Salah satu sikap Nabi Ya’qµb a.s. adalah ....

3.        Nabi Ya’qµb a.s. mengajak umatnya untuk ....

4.        Allah Swt. selalu memberikan ..... kepada Nabi Ya’qµb a.s.

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.

·         Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Ya’qµb a.s., dan sikap kasih sayangnya dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).

·         Peserta didik diminta megisi dan melengkapi kolom berikut ini!

               

·         peserta didik bersama dengan temannya menyebutkan contoh sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

·         Buatlah tiga kelompok! Masing-masing kelompok menulis lima sikap sayang dalam kertas kosong. Serahkan tulisan hasil diskusi kepada guru.

Kelompok 1 : Kasih sayang kepada orang yang sudah tua

Kelompok 2: Kasih sayang kepada orang miskin

Kelompok 3: Kasih sayang kepada adik

v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang       Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s..dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang    Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Tes Tertulis

: Menjelaskan Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.

 

 

Proyek

:

 

 

Mengetahui

...,  Januari  2020

Kepala SD

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.






 

 

 

Post a Comment for "RPP PAI KELAS 2 EDISI REVISI 2020/ Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s."

close